Museum Peninggalan Datu Gangga

Administrator 04 Juli 2018 09:52:44 WIB

Adalah Kepala Desa Genggelang Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara Haeril Anwar, S.Pd.i.,Ma yang menggagas museum itu. “
Menurut dia, benda-benda Pusaka penanda peradaban. Anak-anak, kata dia, harus dikenalkan dengan benda itu untuk melawan lupa.
Selain itu ada juga, uang kuno, Keris, Tombak, Kendi dan lainnya. Alat-alat pertanian zaman dulu juga menjadi koleksi museum itu.

Haril Anwar menambahkan, museum itu merupakan cara bagi desanya untuk melihat sejarah perkembangan desa. Jika tak didokumentasikan, maka alat-alat khas desa bisa hanya tinggal kenangan. “Koleksinya juga mencerminkan perkembangan masyarakat agraris desa,” ujarnya.

Ia menambahkan, benda di museum bisa menceritakan tahapan peradaban masyarakat desa. Pesannya adalah kearifan lokal yang hingga kini masih terjaga.

Museum yang terletak di Dusun Kertaraharja, berisi Puluhan koleksi benda yang digunakan masyarakat. Mulai dari alat perlengkapan Pertanian, pertahanan diri, Alat Penerangan masyarakat desa. Sebagian besar dari koleksi artefak ini telah dianggap sebagai masa lalu bagi masyarakat sekarang.

Ia berharap, museum itu bisa menjadi penghubung masa lalu generasi sekarang, untuk membangun masa depan yang lebih baik. “Kami juga memanfaatkan teknologi internet untuk menembus sekat jarak dan waktu,” kata dia menambahkan.

Komentar atas Museum Peninggalan Datu Gangga

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Genggelang

tampilkan dalam peta lebih besar